Flu tak Kunjung Sembuh, Ternyata ini Penyebabnya Flu tak Kunjung Sembuh, Ternyata ini Penyebabnya - Suaranews Flu tak Kunjung Sembuh, Ternyata ini Penyebabnya - Suaranews Flu tak Kunjung Sembuh, Ternyata ini Penyebabnya | Suaranews

Flu tak Kunjung Sembuh, Ternyata ini Penyebabnya

Share it:

Advertisement

Ilustrasi

Jika penyakit pilek menyerang saat musim hujan, maka hal ini adalah wajar. Namun ketika musim hujan sudah pergi dan pilek yang Anda derita tak kunjung sembuh, maka Anda patut berhati-hati.

Selain infeksi bakteri atau virus, berikut adalah beberapa hal yang membuat pilek atau flu tak kunjung reda.

Stres

Ketika hormon stres atau hormon kortisol dalam tubuh Anda meningkat, maka sistem kekebalan tubuh menurun yang akhirnya membuat proses penyembuhan pilek menjadi lebih lama.

Merokok

Anda seorang perokok? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini. Racun dari rokok akan memperburuk tumpukan lendir dalam saluran hidung sehingga Anda tak kunjung sembuh dari pilek.

Semprotan dekongestan

Tahukah Anda bahwa penggunaan semprotan dekongestan untuk membuat hidung tak lagi tersumbat justru bisa memperburuk peradangan pada saluran hidung Anda? Itulah sebabnya waktu penyembuhan pun berlangsung lama.

Olahraga berlebihan

Olahraga memang menyehatkan. Namun ketika dilakukan berlebihan, sistem kekebalan tubuh akan melemah sehingga tak bisa melawan virus flu dengan maksimal.

Alergi

Alergi yang Anda derita, baik alergi terhadap debu, bulu binatang, atau serbuk sari juga membuat proses penyembuhan pilek jadi lebih lama.

Sinusitis

Sinusitis yang Anda derita nyatanya juga bisa membuat rongga hidung terinfeksi dan meradang. Pilek pun tak kunjung reda.

Pneumonia

Penyakit pneumonia akan membuat saluran hidung rentan terhadap infeksi dan pilek sembuh lebih lama.

Itulah beberapa alasan yang membuat pilek jadi lama sembuhnya. selain menghindari hal buruk di atas, perbanyak konsumsi vitamin C yang membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Sumber: wartakesehatan

Ayo Sebarkan:

Loading...

Share it:

Health

Post A Comment: